Kami Selaku Distributor Utama Lampu HID Motor Dan Mobil Melayani Pembelian Secara Grosir Dengan Potongan Special

Pastikan Anda Hanya Membeli Dari Distributor Resmi ,Kami Memberikan Keamanan , Kemudahan Dan Kepercayaan

Cara menambah relay untuk HID Motor Richter


Warning: trim() expects parameter 1 to be string, array given in /home/lampu510/public_html/wp-content/plugins/easy-nivo-slider/3rd-party/filosofo-custom-image-sizes.php on line 31
relay4kaki

Tren penggantian lampu depan menggunakan HID dan halogen yang lebih terang dari lampu standar memang sedang marak. Relay yang dipasang pada rangkaian kelistrikan lampu motor akan membuat lampu menjadi lebih terang, karena relay menyingkat arus listrik dari accu/aki dan mengurangi kekurangan arus yang tersedot ke rangkaian kelistrikan kabel body motor.

Bagaimana aplikasinya? Dibawah ini adalah contoh skema rangkaian relay untuk lampu utama

skema-relay-lampu-dc

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

 

Skema tersebut bisa digunakan untuk motor dengan kelistrikan DC, yang cirinya adalah lampu bisa dinyalakan tanpa menyalakan mesin terlebih dahulu, contohnya Suzuki Thunder dan Honda Tiger.  Lampu jauh dan dekat menggunakan relay yang terpisah, jadi jika ingin menggunakan salah satu lampu saja (misalnya lampu jauh saja untuk mencegah aki tekor) tinggal merangkai relay untuk lampu jauh saja. Relay yang digunakan adalah relay dengan 4 kaki. Untuk kelistrikan tipe AC seperti bebek dan matic dengan ciri lampu baru menyala saat mesin hidup, maka rangkaian ini berguna untuk menambah supply listrik dari aki juga, kelebihannya dalam putaran mesin rendah lampu tetap menyala terang, dan untuk tipe bohlam lampu bisa menggunakan yang wattnya lebih besar daripada standarnya.

Berikut adalah foto beberapa komponen yang akan digunakan :

relay4kaki

bisakah menghemat jumlah relay, dengan kata lain hanya menggunakan satu buah relay ?

bisa saja, jika melihat dari jalur kelistrikan terutama di jalur kabel lampu utama.

kurang lebih rangkaiannya akan seperti berikut :

lampu-dc-1-relay

(Catatan : posisi kabel lampu jauh dan dekat pada soket dan warna kabel berbeda-beda tergantung jenis motor. Kaki pada relay yang ditandai angka 30, 85,86, 87 posisinya bisa berbeda-beda tergantung merk relay. Gambar diatas hanya contoh saja)

Pemasangan relay dilakukan di bagian jalur kabel sebelum sakelar lampu dekat dan jauh. Contohnya, jika sakelar on-off lampu ada di bagian panel setang sebelah kanan sementara sakelar lampu dekat-jauh ada di panel setang sebelah kiri, maka rangkaian relay dipasang pada kabel yang menghubungkan kabel di panel kanan dan panel kiri.  Selamat mencoba.